Sering Ditanyakan Di Asisten

Pada umumnya masalah ini karena proses mendownload tidak selesai 100% walau kelihatannya seperti selesai, hal ini disebabkan oleh koneksi internet yang lambat dan kurang stabil atau putus-putus sehingga file hasil download tidak selesai sempurna/korup/corrupt.

Silahkan dicoba mendownload lagi saat internet cepat dan stabil atau silahkan mencoba mendownload menggunakan bantuan aplikasi seperti IDM, Flashget, Download Accelerator atau sejenisnya.

Pada umumnya gagal mendownload disebabkan oleh koneksi internet yang lambat dan kurang stabil, silahkan dicoba lagi saat internet cepat dan stabil atau silahkan mencoba mendownload menggunakan bantuan aplikasi seperti IDM, Flashget, Download Accelerator atau sejenisnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk upgrade software Asisten versi lama ke versi baru :

  1. Download Asisten versi terakhir/terbaru disini
  2. Uninstall Asisten Keuangan Sekolah yang terinstal di komputer.
  3. Install Asisten versi terbaru yang baru saja didownload

Poin 1 dan 2 dinamakan proses re-Install atau menguninstall lalu menginstall, saat upgrade ke versi terbaru umumnya cukup re-install Asistennya saja, Braja Database Servernya tidak perlu di re-install, kecuali Braja Database Servernya berbeda versi.

Proses re-install Asisten ataupun Braja Database Server tidak akan menghilangkan data yang sudah diinput, jika anda tidak yakin sebelum melakukan proses reinstall boleh membackup dulu file databasenya ke media lain seperti flashdisk atau hardisk eksternal.

Hal ini karena antivirus tersebut salah deteksi / salah menyimpulkan asisten, sehingga asisten dianggap sebagai virus. Hal ini biasa disebut dengan  false positif atau kesalahan antivirus dalam menyimpulkan suatu file tersebut virus atau bukan. Umumnya antivirus yang paling banyak kesalahan dalam mendeteksi virus adalah Avast dan Avira.

Untuk menyelesaikan masalah ini silahkan masukan folder Braja Software (umumnya di "c:\program files\Braja Software\" atau "c:\program files (x86)\Braja Software\") ke exclusion nya Avast atau klik disini panduan memasukan file/folder ke exclusion dalam Avast.

Hal ini karena antivirus tersebut salah deteksi / salah menyimpulkan asisten, sehingga asisten dianggap sebagai virus. Hal ini biasa disebut dengan  false positif atau kesalahan antivirus dalam menyimpulkan suatu file tersebut virus atau bukan. Umumnya antivirus yang paling banyak kesalahan dalam mendeteksi virus adalah Avast dan Avira.

Untuk menyelesaikan masalah ini silahkan masukan folder Braja Software (umumnya di "c:\program files\Braja Software\" atau "c:\program files (x86)\Braja Software\") ke exceptions-nya Avira atau klik disini panduan memasukan file/folder ke exceptions dalam Avira.

Ada beberapa hal yg dapat menyebabkan kegagalan instalasi :

  • File installer rusak, umumnya terjadi karena saat mendownload tidak selesai dengan baik. Solusi masalah ini harus mendownload ulang file installer Asisten.
  • File installer tidak diizinkan oleh antivirus. Solusi masalah ini harus mematikan sementara antivirus.
  • Sudah terinstall Asisten versi sebelumnya dan sedang berjalan. Solusinya harus menutup Asisten yang sedang bejalan lalu uninstall saja versi lama tersebut, baru kemudian install lagi versi barunya.

Ya, jika Asisten hanya digunakan pada satu komputer artinya komputer tersebut dianggap sebagai server tempat databasenya sekaligus sebagai client, sehingga harus diinstall Braja Database Server dan Asistennya.